25 Album Indonesia terlaris sepanjang masa bag 1

25 Album Indonesia terlaris sepanjang masa



Memastikan 25 album terlaris selama histori dunia musik Indonesia tidaklah hal mudah. Jujur saja, tidak ada data yang valid perihal berapakah jumlah angka penjualan suatu album yang laris terjual.

Lantas bagaimanakah memperoleh 25 album terlaris ini? Pertama, kami bertanya ke sebagian perusahaan rekaman, album apa sajakah yang angka penjualannya tinggi. Masalah angka penjualan ini, kami tanyakan juga ke sebagian wartawan musik senior yang memahami benar lika liku dunia musik lokal. Cara lain, melalui penelusuran pustaka. Seluruhnya artikel musik, terlebih yang terkait dengan angka penjualan album.

1. Bintang di Surga (2004) - Peterpan
Inilah album yang paling banyak terjual selama histori musik Indonesia. Bintang di Surga laris 3 juta keping, rinciannya, seputar 2, 7 juta album laris didalam negeri, bekasnya terjual di negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darusallam serta Singapura. Fenomenalnya, album sejumlah itu terjual di dalam angka pembajakan yang semakin menggila.

2. Ningrat (2000) - Jamrud
Album ini terjual hingga 1, 8 juta keping. Angka penjualan ini bukanlah tanpa ada arti. Dibanding generasi pendahulu mereka yang keduanya sama berkubang di blantika musik rock, mulai Super Kid, Staccato, AKA, Rollies, sampai God Bless, tak pernah bikin catatan penjualan sebesar itu. Rekor penjualan album rock paling tinggi cuma dapat diraih " Semut Hitam " God Bless yang terjual di kisaran 300-400 ribu keping.

3. Suatu hal yang Terlambat (2001) – Padi

Ini album ke-2 Padi yang sangat fenomenal. Pikirkan, kurun waktu 14 hari, album yang berisi hit " Seluruhnya Tidak Sama " serta " Kasih Tidak Hingga " ini laris sejumlah 450 ribu keping. Satu tahun kian lebih saat rilisnya, album ini laris hingga 1, 8 juta keping. Lihat jumlahnya, ini album dengan angka penjualan paling tinggi yang pernah dicapai Padi. Sebatas info, album perdana Padi laris sebesar 800 ribu keping.

4. Bintang Lima (2000) - Dewa
Di album " Bintang Lima ", Dewa ada dengan vokalis baru bernama Once dan dramer Tyo Nugros. Saat itu banyak yang pesimis bila Dewa akan dapat berhasil. Tetapi ketakutan itu tidak berlangsung, album itu jadi meledak. Albumnya terjual sejumlah 1, 7 juta kopi. Hingga saat ini, rekor penjualan ini tidak dapat ditandingi album Dewa yang lain. Bintang Lima memercayakan hit sarat lirik bermuatan cinta seperti Separuh Nafas, Cemburu, Risalah Hati serta Dua Sejoli. Berhasil album ini termasuk cepat. Dalam 3 bln. album ini saja terjual kian lebih 700 ribu keping. Melalui album ini, Dewa mencapai penghargaan Ami Sharp 2000 untuk kelompok Penyanyi/Group Paling baik, Album Paling baik serta lagu Paling baik (Roman Picisan).

5. Cerita Classic untuk Saat Depan (2000) - Sheila on 7

Awalannya, banyak yang pesisimis, album ke-2 Sheila ini akan mengulang berhasil. Namun ramalan itu sukses mereka jungkir balikkan melalui tembang Teman dekat Sejati, Apabila Kau Tidak Disampingku, Sephia serta Juicet For My Mom yang menghuni album Cerita Classic Untuk Saat Depan Sheila on 7 jadi lebih berhasil dari album perdananya. Buktinya, di Indonesia album ini terjual 1, 7 juta keping atau 11 platinum. Album perdana mereka laris sejumlah 1, 3 juta keping. Di Malaysia album ini jadi Top Best Sellers. Tidak heran album ini tercetak dalam Hits of The World Majalah Billboard. Oh ya, salah satu lagu di album ini, Sephia, karena sangat populernya jadikan suatu judul sinetron.

6. Langkah Baru (2005) – Radja
Melalui album inilah, Radja menguasai blantika musik di th. 2005. Argumennya mudah saja, penjualan album yang digawangi Ian Kasela (vokal), Moldy (gitar), Seno (dram) serta Indra (bas) paling ciamik di banding group musik atau penyanyi yang melaunching album th. itu. Totalnya, band ini berhasil jual 1, 3 juta album. Selama th. 2005, tidak ada penyanyi/group band yang dapat jual album sejumlah ini.

7. 07 Des (2002) - Sheila on 7
Ini album ketiga Sheila on 7. Di album ini, anak-anak Yogyakarta ini masih tetap menunjukkan ketangguhannya. Buktinya, album ini terjual 1, 3 juta keping. Berhasil album ini terhitung mengagetkan. Pasalnya, album ini hanya memercayakan 1 hit, Seberapa Layak. Seberapa Layak jadikan juga sebagai theme-song sinetron " Siapa Takut Jatuh Cinta? " Kalau Sheila mempunyai banyak hit, angka penjualan album ini pasti semakin besar dari 1, 2 juta keping.

8. Cinta Rasul 1 (2000) - Hadad Alwi
Bila ada album rohani yang angka penjualannya menembus angka 1 juta keping, pastilah album Cinta Rasul 1. Persisnya, album ini terjual 1, 3 juta keping. Si empunya album ini yaitu Hadad Alwi. " Saya tidak pernah menganggap seluruhnya itu dapat berlangsung. Hanya bermodal rencana simpel, komunikatif, serta nuansa berisi penyegaran rohani, nyatanya album ini disambut ketertarikan oleh orang-orang, " tutur ayah 1 anak yang mengawali olah vokal dari pesantren ini.

9. Cintailah Cinta (2002) – Dewa
Album Cintailah Cinta terjual seputar 1, 04 juta keping. Cintailah Cinta berisi hit Pupus. Pupus bukanlah hanya satu hit di album ini. Masih tetap ada Arjuna, Mistikus Cinta, Kasidah Cinta serta Kosong. Memerhatikan album ini, Anda akan menangkap situasi classic. Lumrah saja, pasalnya di album ini Dhani (kibor), Once (vokal), Andra (gitar), Erwin (bas) berniat mau membuat sound ‘60-an. “Kami mau pengagum kembali ke masa 60-an, di mana waktu itu The Beatles masih tetap berjaya, ” ceplos Dhani. Satu kali, album ini pernah terganjal permasalahan karena lagu Arjuna Mencari Cinta dikira mencontek.

10. Alexandria (2005) - Peterpan
Bila ada album soundtrack paling laris, mungkin Alexandria. Album ini menaklukkan angka penjualan album soundtrack " Ada Apa dengan Cinta? " Garapan Melly Goeslaw serta Anto Hoed ataupun " 30 Hari Mencari Cinta " punya Sheila on 7 yang terjual di kisaran 600 ribu keping. Keseluruhan penjualan Alexandria meraih angka penjualan 1 juta keping.

wdcfawqafwef